Senin, 31 Mei 2010

DPR Setujui Pembelian Pesawat Kepresidenan

Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya menyetujui rencana pemerintah untuk membeli pesawat jet yang akan digunakan sebagai pesawat kepresidenan. Terutama, buat memudahkan mobilitas presiden dalam menjalankan tugas-tugasnya. "Saya kira banyak keuntungan yang bisa diraih dengan memiliki pesawat kepresidenan, lebih efisien dan praktis, lebih hemat dan bisa menjadi simbol kebanggaan negara," kata Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap di Jakarta, Senin (31/5).

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi menjelaskan tujuan, kepentingan, dan pertimbangan pemerintah membeli pesawat kepresidenan saat rapat kerja dengan Komisi II DPR pada hari ini. "Rencana pemerintah membeli pesawat kepresidenan tersebut dengan pertimbangan untuk menjaga keselamatan, keamanan, serta pelayanan operasional terhadap Presiden dan Wakil Presiden," kata Sudi Silalahi.

Menurut Sudi, jika Presiden dan Wakil Presiden memiliki pesawat kepresidenan maka dalam menjalankan tugas-tugasnya akan lebih efisien dan praktis sekaligus bisa menghemat anggaran negara sekitar Rp 114 miliar per tahun. Apalagi, imbuh dia, kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi udara.

Sudi menambahkan, dengan memiliki pesawat kepresidenan maka bisa menjadi simbol kebanggaan bagi masyarakat sekaligus lebih hemat ketimbang harus mencarter pesawat komersial setiap akan berkunjung ke daerah atau ke luar negeri. Soal anggaran, menurut Sudi, pemerintah sudah menganggarkan dana sejak 2004 hingga 2009 sebesar Rp 200 miliar melalui Kementerian Keuangan.

Soal jenis pesawat yang akan dibeli, yakni pesawat jet produksi Boeing, menurut Sudi lantaran spesifikasi pesawat tersebut sesuai dengan kebutuhan.

"Pesawat berkapasitas angkut 70 penumpang ini sudah memenuhi kualifikasi terkait tugas-tugas kepresidenan. Antara lain, sudah dilengkapi dengan sistem navigasi dan kelengkapan penerbangan lainnya serta mampu terbang tanpa berhenti selama 10 jam dan bisa mendarat di bandara kecil," kata Sudi [baca: Pemerintah Akan Beli Pesawat Kepresidenan].

Lebih jauh Sudi menjelaskan, soal spesifikasi pesawat telah dikonsultasikan dan dibahas secara rinci dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara. Termasuk, maskapai Garuda Indonesia dan sejumlah pihak terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © BeEp Stu | Theme by BloggerThemes & simplywp | Sponsored by BB Blogging