Selasa, 01 Juni 2010

Israel Mulai Lepas Sejumlah Aktivis

Israel mulai melepas sejumlah aktivis kemanusian untuk Palestina Freedom Flotilla menyusul kecaman dari berbagai penjuru dunia atas serangan terhadap kapal para aktivis Mavi Marmara yang menewaskan 19 orang.

Pihak berwenang Israel mengatakan mereka telah melepas 48 orang aktivis yang ditangkap dari kapal ke enam tetapi tetap akan menahan 487 orang aktivis lainnya.

"Yang saya bisa saya katakan adalah banyak luka memar di sekujur tubuh saya, tapai mereka melarang saya memperlihatkannya kepada Anda," ujar seorang aktivis berkebangsaan Amerika yang ikut dilepas.

Israel mengklaim pihaknya hanya berusaha membela diri ketika para aktivis itu menyerangnya dengan senjata pentungan besi, tetapi Gerakan Kebebasan untuk Gaza yang mengorganisasi konvoi kapal serta kelompok kemanusiaan Turki IHH mengatakan bukan mereka yang memicu terjadinya tembakan oleh tentara Israel.

Israel mengklaim jumlah korban tewas hanya 9 orang tetapi para aktivis mengklaim 19 orang tewas, sebagian besar berkebangsaan Turki.

Dewan Keamanan PBB Selasa siang (1/6) menggelar sidang khusus untuk memutuskan tindakan yang akan dilakukan menanggapi agresi Israel yang menewaskan setidaknya 19 orang aktivis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © BeEp Stu | Theme by BloggerThemes & simplywp | Sponsored by BB Blogging